Ketahui 6 Tahapan Cara Kerja dan Penerapan Digital Marketing Jakarta

Ketahui 6 Tahapan Cara Kerja dan Penerapan Digital Marketing Jakarta – Cara kerja pemasaran digital saat ini memang cukup bervariasi namun sebenarnya tujuan akhirnya adalah sama yaitu meningkatkan penjualan yang sudah barang tentu berbanding lurus dengan keuntungan yang diperoleh.

digital marketing Jakarta
digital marketing Jakarta

Namun banyak orang yang kurang begitu paham dan salah mengartikan sehingga tidak benar-benar mengerti bagaimana cara kerja digital marketing Jakarta yang sebenarnya. Berikut ini merupakan beberapa tahapan kinerja sekaligus penerapan pemasaran digital :

Mengenali Jenis Bisnis dan Usaha Anda

Seharusnya hal ini sudah cukup mudah, sebagai pelaku dan pemilik usaha harus sudah paham tentang jenis bisnis apa yang sedang dijalankan. Misalnya, jenis jasa atau produk, jenis kebutuhan sehari-hari (primer) atau kebutuhan sekunder atau yang lainnya.

Memahami Segmen Pasar

Tidak semua orang akan membeli produk Anda, namun ada orang-orang tertentu yang akan membeli produk yang Anda jual. Setiap produk punya segmen pasar masing-masing. Dengan mengetahui target pasar bisnis selanjutnya Anda bisa lebih tepat memilih media digital marketing yang paling tepat digunakan.

Memilih Media Digital Marketing

Pemilihan media digital marketing yang tepat bisa membuat Anda mencapai tujuan bisnis. Sebagai contoh misalnya, Anda ingin menjual kamera tentu saja Anda perlu menggunakan akun media sosial seperti Instagram, Youtube, Website dan Marketplace.

Instagram dan Youtube memang segmen yang paling cocok dengan kamera. Kemudian website dan marketplace adalah toko online untuk transaksi jual beli yang mampu memberikan kemudahan dan keamanan transaksi.

Contoh lain adalah misalnya Anda memiliki bisnis servis atau modifikasi mobil, maka sebaiknya Anda  memilih menggunakan Local SEO, Website dan Google My Business sebab sudah barang tentu yang akan datang ke bengkel Anda adalah orang-orang yang jaraknya terjangkau, mereka akan mencari informasi tempat servis terdekat di Google ketika punya masalah pada mobil.

Membuat Funneling dari Traffic hingga Sales

Urutan funneling dari menggunakan digital marketing adalah mengumpulkan visitor traffic market customer dari media digital kemudian tentukan cara membuat visitor tertarik. Selanjutnya visitor akan menghubungi kontak Anda dan ini merupakan ujung dari tahap terjadinya penjualan atau sales order. Peran customer service juga memiliki peran yang sangat penting untuk bisa terjadi sales order atau penjualan.

Membuat Ikatan Rantai Digital

Setelah bisa menentukan media digital marketing yang tepat, maka ada baiknya Anda juga mengikatkan satu media dengan media digital yang lainnya yang saling berhubungan sehingga terciptalah integrasi yang selaras.

Hal ini memberikan kemudahan kepada konsumen sebab biasanya media digital marketing Jakarta akan saling melengkapi satu sama lain dan bisa mendatangkan traffic. Namun Anda jangan sampai salah langkah, pilih terlebih dulu media yang paling tepat.

Mengelola Iklan Digital

Iklan yang menggunakan anggaran adalah langkah terakhir ketika Anda telah benar-benar maksimal dengan kelima langkah diatas. Fakta dari sebagian besar pengiklan gagal karena tidak menerapkan tahapan cara kerja digital marketing yang benar. Usahakan jangan sampai membuang biaya anggaran jika belum yakin sudah melakukan kelima hal diatas dengan benar.

Memahami tahapan-tahapan cara kerja pemasaran digital sekaligus menerapkannya merupakan hal yang tidak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus mencoba memulainya dan mau belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah terjadi. Jika Anda menyerah, ada baiknya Anda merekrut jasa digital marketing Jakarta yang profesional agar bisnis Anda berkembang sesuai impian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.